Solusi Kredit Macet dari SolusiHutang.ID

6 Tips Atasi & Solusi Kredit Macet

Kredit macet adalah kata lain dimana hutang mengalami tunggakan karena keterlambatan pembayaran hingga mencapai titik toleransi maksimum yang ditetapkan perusahaan pemberi dana. Disini, kita akan membahas solusi kredit macet yang mudah-mudahan dapat menjadi inspirasi bagi pembaca semua.

Solusi yang sering diambil dalam mengatasi kredit macet ini biasanya dilakukan dengan menjual aset perusahaan yang bisa menutupi hutang yang menunggak tersebut. Akan tetapi, solusi kredit macet tidak harus dibebankan pada aktiva tetap yang bisa mengurangi produktifitas perusahaan.

kredit macet, solusi kredit macet

Penanganan kredit macet mesti melalui analisis mendalam. Alih-alih justru memperbesar resiko masalah keuangan baru.

5 Solusi Kredit Macet

Sebagai gambaran, berikut ini adalah beberapa solusi kredit macet yang bisa ditempuh.

Anda juga dapat menghubungi solusihutang.ID yang membuka ruang konsultasi bagi permasalahan dan solusi jitu bagi hutang atau kredit macet anda bersama tim penanganan hutang atau kredit macet secara efektif dan efisien.

Persyaratan Kembali (Restructuring)

Kredit yang resmi, pada umunya berhubungan langsung dengan pihak bank sebagai penyedia layanan kredit. Oleh karena itu, bank perlu mengetahui segala kondisi yang menyebabkan kredit macet.

Anda dapat berkonsultasi dengan pihak bank untuk meminta persyaratan kembali. Kemudian bank akan menaksir beberapa kemungkinan yang sesusai dengan keadaan Anda, sehingga kredit akan diatur ulang.

Penjadwalan Kembali (Rescheduling)

Pada umumnya, terjadinya kemacetan dalam pembayaran kredit adalah karena ketidakmampuan konsumen untuk membanyar dalam tenggang waktu tertentu.

Sebelum kredit macet, biasanya sudah ada peringatan dari pihak penyedia jasa. Apabila sampai dengan peringatan terakhir masih belum membayar kreditnya, maka dia bisa mengajukan penjadwalan kembali.

Dengan cara ini, akan ada penambahan waktu pembayaran yang mampu dilakukan oleh konsumen.

Menambah Fasilitas Kredit

Dengan sistem kredit, penyedia jasa memberikan kesempatan kepada konsumen untuk bisa langsung menggunakan barang meskipun belum dibayarkan secara lunas. Konsumen dapat menikmati penggunaan barang dengan melakukan pencicilan pembayaran secara berkala dalam tenggang waktu sesuai kesepakatan kedua belah pihak.

Apabila konsumen merasa kesulitan dengan kreditnya, maka ia bisa berkonsultasi kepada penyedia jasa agar besaran kreditnya dapat dikecilkan lagi sehingga kredit dapat berjalan dan tidak macet.

Mengonversi Tunggakan Menjadi Pokok Kredit Baru

Solusi kredit macet lainnya aalah dengan mengonversi tunggakan menjadi pokok kredit baru. Ketika Anda merasa kesulitan karena kredit yang berkepanjangan dengan bunga besar dan tidak mampu menjalaninya, Anda bisa datang kepada bank dan mengonversikan tunggakan tersebut. Dengan cara ini anda akan bisa membayar kredit dan bunga di belakang, sehingga tidak berat.

Pembebasan Bunga Kepada Debitur

Cara ini merupakan cara yang berbeda dengan cara-cara di atas, di mana cara ini tidak membebankan bunga kepada konsumennya. Akan tetapi, cara ini baru bisa diterapkan apabila telah melalui proses yang panjang dan diperuntukkan bagi konsumen yang benar-benar tidak mampu secara finansial saja.

Menjaminkan Barang Gadai

Cara ini bisa menjadi solusi kredit macet pilihan terakhir. Sebab, dengan cara ini, berarti Anda juga harus siap jika sewaktu-waktu barang yang menjadi jaminan tersebut akan diambil oleh penyedia jasa jika Anda tetap tidak bisa membayar kredit. Barang yang dapat dijadikan sebagai jaminan adalah barang yang memiliki nilai pasar minimal sama dengan besaran kredit.

Seharusnya telah diterapkan oleh kosumen yang memilih untuk membeli suatu barang dengan sistem kredit. Konsumen harus memahami bahwa dengan menggunakan sistem kredit, maka ia memiliki tanggung jawab yang harus ia laksanakan sesuai dengan kesepakatan. Dengan memahami hal tersebut, konsumen dapat menyisihkan uang hasil kerjanya khusus untuk melakukan pembayaran kredit, sehingga kredit tidak macet.

Leave a Reply

Close Menu
×
Hallo,
Ada yang bisa kami bantu?